From Sales To Entrepreneur

Assalaamu'alaikum,
Kembali lagi nih saya mau ngepost. Judulnya agak serem, From Sales to Entrepreneur yang artinya kira "dari sales jadi pengusaha"
Menurut survei, hampir sebagian besar orang malu dengan pekerjaan menjadi sales.
Ya memang karena sales itu dinilai rendah dalam "kasta sosial". mengapa? tidak lain karena gaji seorang sales itu kecil, kalau tidak jualan maka tidak dapat uang dan masih banyak lagi yang membuat seorang sales dipandang sebelah mata.
Namun tahu kah anda, bahwa seorang sales itu teryata kemahirannya, kemampuannya sama dengan Employers atau Entrepreneur atau pengusaha deh simpelnya.
ahh masa iya sih?
pasti anda tidak percaya ya?
ok... coba simak sedikit penjelasan dari saya.
Seorang sales itu memiliki kemampuan memasarkan produk/jasa.
Seorang sales juga mengetahui betul kondisi pasar.
Seorang sales memiliki kemampuan menghandle customer.
Seorang sales sudah biasa dengan turun naiknya penjualan, jadi seorang sales tidak "cengeng".
Seorang sales tidak akan punya keuntungan kalau dia tidak jualan.
Seorang sales memiliki banyak partner kerja / relation, baik front end maupun back end, di dalam maupun luar kantor. Kalau bahasa standarnya sales itu pokoknya jiwanya benar-benar jiwa jualan, jiwa pedangan.

Coba sekarang bandingakan dengan kemampuan yang dimiliki oleh seorang Employers atau pengusaha. Bukankah seorang pengusaha harus punya jiwa dagang?
Bukankah seorang pengusaha harus punya kemampuan analisa pasar?
Bukankah seorang pengusaha harus punya kemampuan handled customer?
Bukankah seorang pengusaha harus siap mental dengan turun naiknya penjualan?
Bukankah seorang pengusaha tidak akan punya keuntungan kalau dia tidak jualan?
Bukankah seorang pengusaha harus punya relasi yang banyak?

Jadi seorang sales dan pengusaha itu adalah sama. Hanya saja seorang sales masih berada di kuadran kiri sementara pengusaha berada di kuadran kanan. Nah kalau begitu seorang sales hanya perlu keberanian tambahan untuk "melompat" pindah dari kuadran kiri ke kuadran kanan. Bukankah memang seharusnya begitu?
Sekarang tinggal tergantung kepada anda para sales, apakah anda anda sekarang menjadi seorang sales itu hanya sebatas untuk jadi karyawan yang digaji dan menerima komisi. Atau anda menjadi seorang sales itu untuk meraup ilmu penjualan dan melompat ke kuadran kanan.
Bahasa kasarnya seorang sales itu hanya butuh keberanian untuk berhenti jadi karyawan dan menjadi usahawan dengan bekal ilmu sales yang ada dikepalanya.
So, temukan dirimu maka dunia akan mencarimu. To be actioner.


Previous
Next Post »